Pages

Selasa, 26 Juni 2012

Kelebihan Al Qur'an



Al-Qur’ān
adalah kitab suci agama Islam. Umat Islam percaya bahwa Al-Qur'an merupakan puncak dan penutup wahyu Allah yang diperuntukkan bagi manusia, dan bagian dari rukun iman, yang disampaikan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, melalui perantaraan Malaikat Jibril. Dan sebagai wahyu pertama yang diterima oleh Rasulullah SAW adalah sebagaimana yang terdapat dalam surat Al-'Alaq ayat 1-5.


Al-Qur'an terdiri atas 114 bagian yang dikenal dengan nama surah (surat). Setiap surat akan terdiri atas beberapa ayat, di mana surat terpanjang dengan 286 ayat adalah surat Al Baqarah dan yang terpendek hanya memiliki 3 ayat yakni surat Al Kautsar, An-Nasr dan Al-‘Așr. Surat-surat yang panjang terbagi lagi atas sub bagian lagi yang disebut ruku' yang membahas tema atau topik tertentu.



Makkiyah dan Madaniyah

Sedangkan menurut tempat diturunkannya, setiap surat dapat dibagi atas surat-surat Makkiyah (surat Mekkah) dan Madaniyah (surat Madinah). Pembagian ini berdasarkan tempat dan waktu penurunan surat dan ayat tertentu di mana surat-surat yang turun sebelum Rasulullah SAW hijrah keMadinah digolongkan surat Makkiyah sedangkan setelahnya tergolong surat Madaniyah.
Surat yang turun di Makkah pada umumnya suratnya pendek-pendek, menyangkut prinsip-prinsip keimanan dan akhlaq, panggilannya ditujukan kepada manusia. Sedangkan yang turun di Madinah pada umumnya suratnya panjang-panjang, menyangkut peraturan-peraturan yang mengatur hubungan seseorang dengan Tuhan atau seseorang dengan lainnya (syari'ah). Pembagian berdasar fase sebelum dan sesudah hijrah ini lebih tepat, sebab ada surat Madaniyah yang turun di Mekkah.

Penurunan Al-Qur'an

Al-Qur'an tidak turun sekaligus. Al-Qur'an turun secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Oleh para ulama membagi masa turun ini dibagi menjadi 2 periode, yaitu periode Mekkah dan periode Madinah. Periode Mekkah berlangsung selama 12 tahun masa kenabian RasulullahSAW dan surat-surat yang turun pada waktu ini tergolong surat Makkiyyah. Sedangkan periode Madinah yang dimulai sejak peristiwa hijrahberlangsung selama 10 tahun dan surat yang turun pada kurun waktu ini disebut surat Madaniyah.

Fakta dari membaca al qur'an
  • Satu satunya kitab suci yang bisa dihafal. Walaupun tebal dan berbahasa arab, namun sangat banyak orang dari beragam bangsa yang mampu menghafalnya, sampai ke titik dan komanya. Bahkan anak kecil dan orang tunanetra pun mampu menghafalnya.Perlu dicatat juga, sesama penghafal dari bangsa manapun, tidak ada perbedaan satu ayat pun. Dan ini telah dibuktikan sejak diturunkannya Al Qur'an dari dulu maupun sekarang, sehingga terpelihara keasliannya dari waktu ke waktu.
  • Satu satunya kitab suci yang masih otentik. Di dalamnya hanya ada firman firman dari Yang Maha Kuasa, sedikitpun tidak tercampur dengan perkataan perkataan dari manusia, tidak juga satupun perkataan dari nabi Muhammad SAW.
  • Satu satunya kitab suci yang hanya tersedia satu versi. Belilah Al Qur'an di mana saja atau bentuk apa saja, maka semuanya sama satu versi. Apakah itu terbitan sekarang, 100 tahun lalu, atau 50 tahun lalu.Apakah itu terbitan Indonesia, terbitan Amerika, atau terbitan China. Kalaupun ada sesuatu yang berbeda, itu hanyalah cara baca, penerjemahan, dan penafsirannya.
 

Blog Archive