Pages

Jumat, 28 Januari 2011

Peringkat pekerja bongkar muat


Dalam kegiatan bongkar muat ada beberapa jabatan yang dimiliki oleh seseorang di saat sedang melakukan kegiatan bongkar muat.
Beberapa diantarannya adalah :
1).Stevedore : Adalah penanggung jawab bongkar muat barang di kapal sampai pekerjaan selesai atau hingga kapal berangkat.
2).Foreman Kapal : Adalah asisten Stevedore dalam tugas bongkar/muat barang yang bertanggung jawab kepada stevedore
3).Foreman Darat : Adalah pembantu stevedore untuk tugas tugas di dermaga untuk menunjang kelancaran kegiatan bongkar/muat.
4).Buruh bongkar/muat : Adalah orang yang bertugas di dalam palka untuk melakukan kegiatan bongkar muat barang dibawah perintah stevedore/foreman kapal yang bertugas.
5).Cargo Surveyor : Adalah petugas survey yang memonitor (mencatat, memeriksa keadaan barang) yang di bongkar/ di muat dari/ke kapal agar menjamin tidak ada kesalahan dalam kegiatan bongkar muat.
6).Petugas barang berbahaya : Adalah petugas yang khusus memonitor, mengawasi barang berbahaya yang akan dimuat/di bongkar dari kapal.
7).Kasap : Adalah Petugas peralatan yang siap di pool peralatan untuk melayani kapal yang melakukan kegiatan bongkar/muat.
8).Administrasi : Adalah Petugas yang mempersiapkan administrasi :hatch list, stowage plan, statements of facts, labour & time sheet, laporan harian dan lainnya.
 

Blog Archive