Pages

Jumat, 22 April 2011

Indonesia adalah negara pertama (hingga kini satu satunya) yang pernah keluar dari UNITED NATION (Perserikatan Bangsa Bangsa)

Indonesia resmi menjadi anggota PBB ke 60 pada tanggal 28 september 1950. Indonesia sempat keluar dari keanggotaan PBB saat presiden soekarno menarik diri dari PBB, Namun keluarnya indonesia dari badan perserikatan tersebut tidak berlangsung lama karena pada tanggal 19 september 1966 indonesia mengirimkan lagi permohonan menjadi anggota kembali ke majelis umum PBB untuk menjadi anggota kembali. Dan sejak tanggal 28 september 1966 indonesia menjadi anggota PBB kembali.
Anggota Perserikatan Bangsa Bangsa sekarang mencapai kurang lebih 192 negara. Dengan anggota negara negara pelopor seperti Amerika Serikat (24 oktober 1945), Britania Raya (24 oktober 1945), Republik Rakyat China(24 oktober 1945), Arab Saudi (24 oktober 1945), Chile (24 oktober 1945), Brazil (24 oktober 1945), dan lainnya.
Persatuan Bangsa bangsa (United Nation) juga memiliki 6 Dewan utama, yaitu :
- Majelis Umum PBB
- Dewan Keamanan PBB
- Dewan Ekonomi dan sosial PBB
- Dewan Perwalian PBB
- Sekretariat PBB
- Mahkamah Internasional
Enam organ tersebut bekerja sesuai dengan tugasnya masing masing. Namun badan yang terkuat adalah Dewan Keamanan PBB yang beranggotakan 5 negara.
Yaitu :
- Amerika serikat
- Rusia
- Britania Raya
- Perancis
- Republik Rakyat China
Keuntungan Indonesia menjadi salah satu anggota PBB adalah salah satunya untuk menjalankan politik bebas aktif di luar negeri sehingga indonesia tidak diasingkan negara lain. Hal itu pernah terjadi saat indonesia keluar dari organisasi PBB. Dengan ikut keanggotaan dalam PBB masalah indonesia dengan negara lain juga dapat diselesaikan. Contohnya saat indonesia berkonfrontasi dengan malaysia. Dengan menjadi anggota PBB Masalah dengan malaysia juga dapat diselesaikan. Indonesia juga mendapat dukungan dari negara lain untuk menyelesikan masalah tersebut.
 

Blog Archive